AKSI DAN KREASI PRAMUKA BERKEBUTUHAN KHUSUS TAHUN 2021

WhatsApp Image 2021-10-17 at 21.13.53 (2)

Mempunyai keterbatasan bukan menjadi penghalang untuk berkreasi dan berkompetisi. Apalagi bagi penyandang disabilitas atau berkebutuhan khusus yang tergabung dalam Pramuka. Kemampuannya tidak bisa dipandang sebelah mata. Hal ini tampak saat 500 lebih anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus (PBK) Kwarcab Kota Malang mengikuti Kegiatan “Aksi dan Kreasi” Pramuka Berkebutuhan Khusus Tahun 2021.

Acara yang digelar kurang lebih selama 2 minggu sejak tanggal 4 Oktober ini diakhiri dengan acara puncaknya pada Sabtu, 16 Oktober 2021 bertempat di Aula Pusdiklatcab Kota Malang. Sebanyak kurang lebih 50 anggota PBK yang merupakan finalis lomba berkumpul di Aula untuk mengikuti acara penutupan sekaligus pemberian penghargaan kepada para pemenang. Dengan didampingi oleh orang tua dan guru sekolah-nya (Sekolah Luar Biasa) tampak para anggota PBK ini mengikuti seluruh rangkaian acara dengan sangat antusias.

Hasil Kreasi PBK Kota Malang, Buku Tamu 3 Dimensi

Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang, Kak Drs. Heri Sunarko, M.Si. menghadiri secara langsung acara ini Di samping Kak Heri tampak pula Waka Bidang Bina Muda Kak Joeli “Kipo”, Waka Bidang Bina Wasa Kak Esni, Sekretaris Cabang, Kak Nurma, Kepala Pusinfo Kak Aim, Kepala Pusdiklatcab Kak Endik dan beberapa Andalan Cabang lainnya.

Dalam sambutannya, Kak Heri Sunarko, menyampaikan bahwa Kwarcab Kota Malang mengapresiasi kegiatan “Aksi dan Kreasi” Pramuka Berkebutuhan Khusus yang dilaksanakan dengan baik sekali oleh segenap panitia yang ada. “Kwarcab akan selalu mendukung secara bagi adik-adik anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus” ujarnya. “Adik-adik adalah bagian dari kami, bagian dari Pramuka Kota Malang, kami akan terus support pembinaan adik-adik sekalian” tambahnya. “Bersama adik-adik dan kakak-kakak yang ada di sini, insyaAllah Pramuka dan Kwarcab Kota Malang akan semakin melesat” tambahnya lagi.

Sementara itu, turut hadir perwakilan MKKS SLB Kak Puguh yang dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya terhadap segenap Panitia dan Kwarcab Pramuka Kota Malang yang telah menggandeng anak-anak berkebutuhan khusus serta memfasilitasinya dalam bentuk suatu ajang kreatifitas. “Ke depan, kita akan teruskan kerjasama ini, tidak hanya PBK Kota Malang, kita juga akan gandeng PBK dari Kota tetangga kita untuk bersama-sama berkolaborasi dan berkreasi” ujarnya. “Semoga jalinan kerjasama ini terus berkembang di masa yang akan datang demi kemajuan anak didik kita” pungkasnya di akhir sambutannya.

Para Peserta Antusias Mengikuti Acara Aksi Kreasi PBK

 

Acara puncak ini juga diisi dengan beberapa penampilan dari adik-adik Pramuka Berkebutuhan Khusus diantaranya penampilan tari dari anggota PBK SLB  Bakti Luhur  Adik Nesti Gulo yang juga menjadi juara FLS2N Kota Malang. Selain itu, juga ada pembawaan lagu “Keluarga Cemara” dari anggota PBK SLB ABD N Kedungkandang, Adik Syahputri yang juga menjadi Juara 1 Lomba Menyanyi “Aksi dan Kreasi” PBK ini. Terdengar suara adik Putri yang indah membawa hanyut suasana di Gedung Aula Pusdiklatcab termasuk Ketua Kwarcab yang tampak ikut terharu mendengarnya.

Sebagai acara inti diumumkan dan diserahkan kejuaraan Lomba sebagai berikut :

Lomba KIM (Mengenal Bumbu Dapur)
Juara 1 Retvino Davin Estiawan Febianto dari SLB Putra Jaya Kota Malang
Juara 2 Paulus Yahut dari SLB Bhakti Luhur Malang
Juara 3 Reihan Oktavian Syahputra dari SLB C Autis Negeri Kedungkandang

Lomba Menghias Buku Tamu
Juara 1 Dimas Rachmadani dari SLB-B YPTB Kota Malang
Juara 2 Marcella Rahma Ditranadia dari SLB YP 2 Malang
Juara 3 Syifa Nadifa dari SLB YPAC Kota Malang

Lomba Mendirikan Tenda
Juara 1 Amelia Latifah Putri Baskuri Achmad dari SLB-B YPTB Malang
Juara 2 Finahar Abdullah Alfathir dari SLB C Autis Negeri Kedungkandang
Juara 3 Risma dari SLB ABD N Kedungkandang

Lomba Menyanyi
Juara 1 Syahputri Mainora dari SLB ABD N Kedungkandang
Juara 2 Senandung Lyri dari SLB ABD N Kedungkandang
Juara 3 Syafa Septi Ramadani dari SLB Bhakti Luhur Malang

Juara Umum : SLB C Autis Negeri Kedungkandang

Ka Kwarcab serahkan Piala Penghargaan Kepada Para Juara Aksi Kreasi PBK

Trophy juara umum diserahkan langsung oleh Ketua Kwarcab Kota Malang.

Sambutan Ka Kwarcab dalam Acara Aksi Kreasi PBK

Saat diwawancarai oleh tim pusinfo, Kak Heri menyampaikan bahwa lomba ini didesain untuk menumbuhkan kepercayaan diri, kemandirian dan kekuatan moril anggota Pramuka Berkebutuhan Khusus. “Bagi kita, kegiatan ini sangatlah penting yaitu bagaimana menumbuhkan empati dan rasa persaudaraan untuk semua anggota Pramuka. Asah asih dan asuh adalah jiwa kita sebagai seorang Pramuka” ucapnya.
Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada bapak Wali Kota Malang, sekaligus Kamabicab, yang telah memberikan support yang luar biasa kepada pramuka. Insya Allah Kota Malang akan menjadi kota yang ramah terhadap disabilitas terutama anggota Pramuka PBK.

Total dilihat 1,500 total views, Dilihat hari ini 2 views today