Sabtu pagi, 16 Mei 2020, tepat pukul 08.00 WIB, Kwarcab Pramuka Kota Malang memulai distribusi paket bantuan untuk masyarakat Kota Malang yang terdampak covid-19. Acara didahului dengan sambutan sekaligus laporan Ketua Kwartir, Kak Heri Sunarko. Rencananya 75 paket sembako akan dibagikan tuntas hari ini. Rinciannya 50 paket untuk masyarakat umum bukan Pramuka dan 25 sisanya untuk masyarakat yang juga menjadi pramuka aktif. Data calon penerima bantuan kami kumpulkan dengan bantuan Andalan Cabang dan Ketua Kwarran. Beliau juga menerangkan bahwa isi paket bantuan ini juga diambil dari UMKM yang ada di Kota Malang, tidak dari toko ritel. “Satu sisi kami serahkan bantuan untuk masyarakat terdampak, di sisi lain kami juga bantu UMKM untuk tetap berdaya ekonomi, sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui,” ujarnya.

Di akhir sambutannya beliau mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Kwartir Daerah Pramuka Jawa Timur kepada Kwarcab Pramuka Kota Malang guna mengelola kucuran dana bantuan. “Saya beserta rekan-rekan andalan dan segenap satuan Pramuka di Kota Malang akan selalu siap mengabdi untuk masyarakat, pandemi covid-19 tak akan menghalangi pengabdian kami semua,” pungkasnya. Untuk diketahui, Kwartir Daerah kucurkan dana sosial senilai sepuluh juta rupiah ke Kwarcab untuk dikelola menjadi paket bantuan sembako dalam rangka aksi pramuka peduli covid-19.

Sementara itu, Kak Adie Kurniawan perwakilan Kwartir Daerah, saat kesempatan sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Kwarcab Kota Malang telah menerima dan melaksanakan amanah dengan baik. “Apresiasi setinggi-tingginya kami ucapkan untuk Kwarcab Kota Malang karena menjadi yang pertama diantara 38 kwartir cabang se-Jawa Timur dalam hal pengajuan proposal hingga realisasi kegiatan. Semoga dalam hal pelaporan, Kwarcab Kota Malang juga tak kalah dengan kwarcab kota/kabupaten lainnya,” ujarnya. “Semangat pengurus Kwarcab Kota Malang yang baru dibawah pimpinan Kak Heri sudah sangat terasa hingga ke tingkat Kwarda,” lanjutnya. Dalam sambutannya, Kak Adie juga menyampaikan bahwa pelibatan UMKM dalam kegiatan ini sangat baik dan tepat strategi. “Perlu dicontoh kwarcab yang lain,” kata pria yang menjabat sebagai Wakil Sekretaris Kwarda Pramuka Jawa Timur. Kehadiran Kak Adie di kwarcab Kota Malang selain untuk memberi sambutan juga dalam rangka meninjau secara langsung pelaksanaan aksi pramuka peduli di lapangan dengan didampingi Komandan Brigade Penolong Kwarda Pramuka Jawa Timur, Kak Dian Harmuningsih.

Setelah acara seremonial sambutan-sambutan selesai, kegiatan berlanjut dengan penyerahan bantuan paket sembako berisi beras, minyak, kue kering dan lainnya. Dua orang perwakilan Kwarda yang hadir mendapat kehormatan untuk menyerahkan paket bantuan yang pertama. Sebagai wujud pelaksanaan protokol kesehatan, tampak seluruh yang hadir termasuk para penerima bantuan, mencuci tangannya sebelum memasuki halaman kantor Kwarcab dan menggunakan masker selama kegiatan berlangsung. “Pembagian kami laksanakan secara bertahap sesuai jadwal yang kami sampaikan dalam undangan. Yang sudah datang kami minta untuk tertib physical distancing. Kami sediakan kursi antrian yang kami beri jarak penempatannya, Kami libatkan BP 1332 dan Saka Bhayangkara untuk bantu ketertiban kegiatan,” ujar koordinator kegiatan, Kak Ahmad Rosichun, S.Ag. “Sebagian paket juga kami distribusikan langsung ke rumah sasaran,” lanjut Wakil Ketua Kwarcab Bidang Abdimas Humas dan Bela Negara ini saat diwawancarai oleh tim peliput.

Di akhir kegiatan, perwakilan Kwarda juga berkesempatan untuk meninjau markas BP 13.32 Kota Malang dan juga salah satu inovasi baru Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang yaitu Pojok Literasi, ruang yang dirancang khusus agar setiap pengunjung kantor kwarcab bisa membaca pustaka kepramukaan. Acara di kwarcab berakhir dengan penyerahan bantuan paket yang terakhir pada pukul 11.00 WIB. Sedangkan bantuan paket yang diserahkan langsung ke rumah sasaran dilaksanakan pasca kegiatan dengan melibatkan Ketua Kwarran se-Kota Malang, Andalan Cabang, Brigade Penolong, DKC dan Saka Bhayangkara.

 

Total dilihat 447 total views, Dilihat hari ini 2 views today

Tinggalkan Balasan