Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang yang baru saja terpilih, Drs. Heri Sunarko, M.Si. beri paparan tentang organisasi pramuka di Kota Malang kepada Kepala Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Pemerintah Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni, SH, M.Si. Acara ini dilaksanakan di Kantor Disporapar Kota Malang, yang berkomplek di Stadion Gajayana Kota Malang pada Selasa, 11 Mei 2020. Dalam paparannya, Kak Heri, panggilan akrab beliau, menjelaskan beberapa hal penting terkait rencana pengelolaan organisasi yang baru saja dipimpinnya sejak Februari lalu. Isi paparan tersebut antara lain rencana penggunaan dana hibah Pemkot untuk Kwarcab T.A. 2020 dan T.A. 2021 dan Program Kegiatan Kwarcab Kota Malang. Beberapa program kegiatan yang menjadi unggulan antara lain Keikutsertaan Jambore Nasional 2021, Apel Obor Pramuka Patriot NKRI dan Gelar Senja Pramuka setiap tanggal 17 di Balaikota Malang. Selesai paparan, didampingi oleh Kapusdiklatcab Pramuka Kota Malang dan beberapa andalan cabang, Kak Heri serahkan dokumen kepramukaan kepada Kepala Dinas yang didampingi oleh Kabid Pemberdayaan Pemuda, Widayati, S.Sos., M.M. antara lain salinan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka, AD/ART Gerakan Pramuka serta SK Gerakan Pramuka Kwarda Jatim Nomor 48 Tahun 2020 tentang Susunan Pengurus Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Malang.

Dalam sambutannya, Ibu Ida, sapaan akrab Kadisporapar, menyampaikan ucapan selamat atas kepengurusan Kwarcab Pramuka Kota Malang yang baru masa bakti 2020-2025, sekaligus berharap agar kinerja Pramuka Kota Malang dapat lebih ditingkatkan. “Semoga lebih giat maju dan bermartabat, menjadi tempat pembinaan generasi muda dan orang dewasa berkarakter kebangsaan dan mempunyai jiwa juang yang tinggi untuk kepentingan Bangsa dan Negara Republik Indonesia” ujarnya seperti dikutip dalam hasil wawancara tim peliput dengan Ka Kwarcab. Kadisporapar Kota Malang juga memberikan saran supaya kegiatan Pramuka Kota Malang dapat bersinergi dengan program kegiatan Pemerintah Kota Malang khususnya Disporapar. Salah satunya peningkatan prestasi olahraga, kepemudaan dan pariwisata di Kota Malang, termasuk pembinaan potensi ekonomi kreatif anak-anak muda Kota Malang. Nantinya Disporapar juga akan menjadi mitra Kwartir Cabang dari unsur Pemerintah Kota Malang.

Selanjutnya pasca paparan ini, Kwartir Cabang akan menyerahkan proposal pengajuan dana hibah tahun 2020 dan 2021 kepada Pemerintah Kota Malang melalui Walikota Malang. Jika disetujui proposal yang juga berisi Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) akan menjadi dasar hukum penyerahan dana hibah kepada Kwarcab. Dana hibah ini merupakan sumber pendanaan operasional dan kegiatan organisasi Kwartir Cabang dalam mengorganisir kegiatan kepramukaan di wilayah Kota Malang. Untuk diketahui, sebagai apresiasi dan bentuk kepercayaan publik, Pemerintah Kota Malang mengalokasikan dana hibah untuk Kwarcab Pramuka setiap tahunnya.

Total dilihat 317 total views, Dilihat hari ini 1 views today

Tinggalkan Balasan