KWARCAB GELAR VAKSINASI UNTUK 1.000 PRAMUKA KOTA MALANG

IMG20210815111141_1

Minggu, 15 Agustus 2021, Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang menyelenggarakan kegiatan Vaksinasi Covid-19 untuk 1.000 Pramuka Kota Malang. Bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklatcab) Pramuka Kota Malang, kegiatan ini merupakan bagian dari rangkaian acara Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 yang diagendakan oleh Kwarcab Kota Malang.

peserta vaksin mengantri dengan tertib

Guna mensukseskan acara vaksinasi, Kwarcab membentuk kepanitiaan gabungan yang terdiri dari unsur pengurus (andalan) cabang, dewan kerja, korps pelatih, Brigade Penolong 1332 dan pengurus kwartir ranting masing-masing kecamatan, anggota saka bhakti husada, saka kencana, saka bhayangkara, saka wirakartika dan saka bahari. Disamping itu, Kwarcab juga menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Malang serta Denkesyah TNI AD guna penyediaan tenaga kesehatan (nakes) yang akan menjadi vaksinator dan pemeriksa kondisi kesehatan peserta vaksin. Sedangkan dari segi infrastruktur data vaksinasi, Kwarcab menggandeng Dinas Kominfo Kota Malang guna ketersediaan jaringan internet untuk keperluan entry data peserta dalam sistem vaksinasi Kementerian Kesehatan RI. Untuk urusan keamanan, ada bantuan dari TNI dan Polri.

bantuan pengamanan dari TNI dan Polri

Sementara itu, peserta vaksinasi merupakan anggota Pramuka, keluarga anggota Pramuka dan masyarakat umum dengan jumlah mencapai 1.000 peserta. Koordinator Panitia kegiatan, Kak Djuli Arifianto, yang juga merupakan Waka Kwarcab Bidang Abdimas Humas saat ditemui oleh Tim Pusinfo Kwarcab menyampaikan bahwa guna mengantisipasi adanya kerumunan massa, panitia telah melakukan pendataan dan penjadwalan kepada seluruh peserta vaksinasi beberapa hari sebelum pelaksanaan kegiatan. Benar saja, saat Tim Pusinfo melakukan pemantauan acara, tampak para peserta vaksin datang secara bertahap sehingga tidak terjadi penumpukan peserta yang menyebabkan kerumunan. Pengaturan alur vaksinasi dilaksanakan secara ketat oleh panitia, sehingga peserta vaksin tetap berada pada posisi menjaga jarak dan tertib protokol kesehatan. Tampak Koordinator Lapangan kegiatan, Kak Tezar, Pengurus BP 1332 memberi komando panitia lainnya untuk mengatur peserta tetap tertib dalam antrian dan mengontrol penggunaan masker.

peserta tertib protokol kesehatan

Panitia juga menerapkan kebijakan bahwa peserta vaksin diharapkan menggunakan identitas hasduk pramuka, alhasil tampak seluruh peserta vaksin dari masyarakat umum tampak bak seorang Pramuka yang berpakaian bebas rapi. Pak Slamet salah satu peserta vaksinasi asal Polehan yang usianya mencapai 85 tahun saat ditemui oleh Tim Pusinfo menyampaikan, “Alhamdulillah sudah divaksin, semoga saya tidak kena covid-19, pakai hasduk seperti Pramuka, maturnuwun (terima kasih) Pramuka”, kata beliau.

Pak Slamet, salah satu peserta vaksin berusia 85 tahun

Pada pelaksanaan acara vaksinasi ini, hadir juga Kepala Dinas Kesehatan Kota Malang, dr. Husnul yang secara langsung turut membantu terjun di lapangan memberikan arahan kepada para nakes guna tetap menjalankan tugas dengan baik dan tetap berkoordinasi dengan panitia dari Kwarcab agar kegiatan bisa berjalan dengan lancar. Tampak juga dr. Husnul melakukan monitoring terhadap pelaksanaan screening dan entry data vaksinasi yang dilakukan oleh anggota Pramuka dari saka bhakti husada dan perguruan tinggi kesehatan.

Monitoring proses entry data oleh Kadinkes bersama Kapusinfo Kwarcab
Proses screening peserta vaksin

Tak ketinggalan, Ketua DPRD Kota Malang, Kak I Made Riandiana Kartika hadir untuk meninjau kegiatan ini. Bahkan kehadiran Kak Made, yang juga merupakan alumnus Jambore Nasional Pramuka ’86 ini tidak sekedar meninjau saja. Beliau juga berkesempatan untuk mengikuti Upacara Virtual Peringatan Hari Pramuka yang diselenggarakan oleh Kwarda Pramuka Jawa Timur bersama Ketua Kwarcab dan beberapa andalan cabang di Aula Pusdiklatcab. Upacara Virtual ini sendiri juga turut dihadiri oleh Gubernur Jawa Timur yang merupakan Kamabida Pramuka Jawa Timur, Kak Khofifah Indar Parawansa. Selesai upacara, Kak Made bersama Ka Kwarcab melaksanakan pemberian santunan untuk anak yatim. Saat melakukan peninjauan lapangan, Kak Made turut memberikan motivasi kepada panitia dan segenap peserta warga masyarakat yang hadir untuk mensukseskan vaksinasi ini. Beliau juga memuji kinerja panitia yang tampak berhasil melaksanakan kegiatan dengan tertib serta sesuai protokol kesehatan.

Ketua DPRD Kota Malang beserta Ka Kwarcab ikut serta Upacara Virtual Hari Pramuka ke-60 Kwarda Jatim
pemberian santunan anak yatim

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kota Malang selaku Penanggungjawab Acara saat diwawancarai oleh media dan tim pusinfo menyampaikan bahwa, Kwarcab Kota Malang bersama 37 kwarcab kabupaten/kota lainnya se-Jawa Timur saat ini secara serentak mengadakan kegiatan vaksinasi covid-19. “Ini adalah bagian dari Acara Bulan Bakti Pramuka Kwarda Jatim, vaksinasi 60.000 Pramuka, kita mendapat bagian target 1.000 peserta vaksin”, ujarnya. “Alhamdulillah, berkat kerjasama yang baik antara panitia dan juga pihak-pihak terkait, insyaAllah acara ini terlaksana sesuai rencana dan harapan”, tambahnya. “Tema peringatan Hari Pramuka ke-60 secara nasional adalah Berbakti Tanpa Henti, kami Kwarcab Pramuka Kota Malang, melalui vaksinasi ini, bakti kami untuk Pemerintah dan Masyarakat Kota Malang dalam rangka upaya membentuk kekebalan komunal agar kita segera terbebas dari dampak pandemi covid-19 ini. Kami tidak akan berhenti untuk terus berbakti”, imbuhnya di akhir wawancara.

pengecekan peserta
screening peserta vaksin

Total dilihat 180 total views, Dilihat hari ini 4 views today