SARASEHAN DAN ULANG JANJI PRAMUKA KWARCAB KOTA MALANG DILAKSANAKAN SECARA TERBATAS DAN VIRTUAL

WhatsApp Image 2021-08-13 at 22.08.15

Rangkaian Peringatan Hari Pramuka ke-60 Tahun 2021 di Kwarcab Kota Malang kembali berlanjut. Kali ini Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang gelar acara Upacara Ulang Janji Pramuka yang diikuti dengan kegiatan sarasehan. Diselenggarakan di tengah masa pandemi covid-19, acara ini dilangsungkan dengan peserta terbatas dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Aula Pusdiklatcab Kota Malang. Agar kegiatan yang menjadi tradisi tahunan ini juga dapat diikuti Pramuka lainnya di Kota Malang, Panitia juga melangsungkan acara ini secara virtual. Hadir untuk bertindak sebagai Pembina Upacara Ulang Janji Pramuka ini, Ketua Kwarcab Kota Malang, Kak Heri Sunarko. Adapun peserta upacara yang hadir secara langsung diantaranya andalan cabang yang telah ditunjuk, perwakilan ranting, pengurus dewan kerja, perwakilan korps pelatih serta beberapa undangan dari gugus depan.

Pelaksanaan Protokol Kesehatan untuk peserta upacara ulang janji

Dalam upacara ini, setiap peserta mengucapkan Tri Satya yang merupakan janji setiap anggota Pramuka sebagaimana diucapkan pula ketika pertama kali dilantik menjadi seorang Pramuka. Adapun janji tersebut adalah, bersungguh-sungguh menjalankan kewajiban terhadap Tuhan dan NKRI, mengamalkan pancasila, menolong sesama hidup, ikut serta membangun masyarakat dan menepati darma Pramuka. Tampak para peserta dengan hikmat mengulang ucapan janji Tri Satya yang diucapkan oleh Pembina Upacara sembari memegang serta meletakkan ujung hasduk Pramuka yang merupakan perlambang bendera Merah Putih di dada masing-masing.

Ketua Kwarcab memimpin pengucapan Tri Satya

Setelah upacara selesai yang ditandai dengan pembacaan doa serta menyanyi hymne Pramuka, acara dilanjutkan dengan penyerahan Tonggak Bendera Pramuka kepada para Ketua Kwartir Ranting yang nantinya akan diletakkan di makam para tokoh Pramuka Kota Malang di masing-masing ranting. Saat diwawancarai, Kak Heri, sapaan akrab Ketua Kwarcab menyampaikan bahwa agenda pemasangan Tonggak Bendera Pramuka sekiranya saat ini merupakan satu-satunya di Indonesia yang dilakukan setingkat Kwartir Cabang. Pemasangan tonggak disamping sebagai penanda bahwa makam tersebut merupakan makam tokoh Pramuka, juga merupakan salah satu bentuk penghargaan kita kepada mereka yang telah berjasa, berjuang demi kemajuan Gerakan Pramuka di wilayahnya.

penyerahan tonggak bendera tunas kepada 5 kwartir ranting

Upacara Ulang Janji Pramuka ini juga diikuti dengan pelaksanaan sarasehan bagi peserta yang hadir maupun secara virtual. Kepala Pusdiklatcab Kota Malang menjadi pembicara pada sarasehan ini. Adapun yang dibahas pada sarasehan ini adalah sejarah Pramuka di masa lalu, Pramuka saat ini dan bagaimana Pramuka yang akan datang.

Kepala Pusdiklatcab menjadi nara sumber sarasehan

Total dilihat 226 total views, Dilihat hari ini 2 views today