Peringatan Hari Pramuka ke-59 dirayakan dengan sedikit berbeda tahun ini di Kota Malang. Sejalan dengan tema nasional peringatan Hari Pramuka, yaitu “Peran Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara”,

Kwarcab Pramuka Kota Malang selenggarakan kegiatan bernuansa penanggulangan covid-19 alih-alih mengadakan Upacara atau Apel Besar Hari Pramuka yang mengumpulkan ribuan masa anggota pramuka.

Sesuai dengan program dan instruksi dari Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Jawa Timur, Jum’at pagi, 14 Agustus 2020, sekitar 110 orang anggota Pramuka yang terdiri dari Andalan Cabang, Pengurus 5 Kwarran se-Kota Malang, Korps Pelatih, serta Pramuka Penegak Pandega dari BP 1332, Satuan Karya dan perwakilan Gudep bersiap laksanakan kegiatan sosialisasi protokol kesehatan, penyemprotan disinfektan dan pembagian masker. Untuk diketahui, Kwarda Pramuka Jatim mendistribusikan bantuan 4.000 masker, 5 unit alat penyemprot disinfektan dan operasional kegiatan secara serentak ke kwarcab kota/kabupaten se-Jawa Timur.

Acara ini diawali dengan apel pengarahan yang dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kota Malang, Kak Drs. Heri Sunarko, M.Si. Dalam arahannya, Kak Heri, sapaan akrab beliau, meminta agar seluruh peserta melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab. “Tetap patuhi protokol dan jaga kesehatan”, ujarnya. Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh anggota pramuka yang terlibat pada kegiatan ini.

Beliau juga menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan beberapa pihak terkait antara lain, bantuan pengamanan dari TNI/Polri, bantuan alat semprot, APD, kendaraan angkut, cairan disinfektan dan pendampingan teknis dari BPBD Kota Malang serta bantuan sosialisasi dan penyiapan lokasi oleh Diskopindag Kota Malang.

Hadir dalam apel pengarahan, Wakil Ketua Kwartir Daerah Jawa Timur Bid. Abdimas Humas, Kak Prof. Suyatno. Pada kesempatan sambutannya, beliau juga mengucapkan terima kasih atas partisipasi seluruh anggota pramuka Kota Malang yang terlibat pada kegiatan sosial ini. Pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Bid. Abdimas Humas ini juga menyampaikan bahwa setiap anggota Pramuka yang ikut serta diharapkan memberi sosialisasi kepada masyarakat agar aktif melaksanakan protokol kesehatan. “Jangan sampai bantuan masker yang kita berikan membuat masyarakat menjadi imun terhadap kemandirian”, ujarnya. Beliau berharap masyarakat tidak hanya mengharapkan bantuan semata untuk melaksanakan protokol kesehatan. “Kesadaran masyarakat untuk berusaha secara mandiri mematuhi protokol kesehatan seperti menyediakan masker dan lainnya adalah penting”, sambungnya. “Dengan demikian masyarakat kita akan terbiasa mandiri dan tidak terbiasa menunggu bantuan”. tambahnya.

Usai ikuti pengarahan, seluruh anggota Pramuka yang hadir dibagi menjadi 5 tim dan segera bergegas menuju lokasi kegiatan sosialisasi, penyemprotan dan pembagian masker yaitu 5 titik pasar di Kota Malang. Pasar yang menjadi sasaran adalah  Pasar Klojen (Kec. Klojen), Pasar Bunulrejo (Kec. Blimbing), Pasar Sawojajar (Kec. Kedungkandang), Pasar Oro-oro Dowo (Kec. Klojen) dan Pasar Sukun (Kec. Sukun). Disana Kepala UPT Pasar yang ada beserta jajarannya telah menunggu untuk mendampingi Tim Penanggulangan Covid-19 Pramuka melakukan tugasnya.

Saat Tim Humas mendampingi Ketua Kwarcab Kota Malang melakukan pemantauan langsung di lokasi pasar, tampak para anggota Pramuka melaksanakan tugasnya dengan baik. Kak Heri (Ka Kwarcab) juga sempat melakukan sosialisasi penggunaan masker sebagai bagian protokol kesehatan kepada pedagang pasar yang ada. Pria yang sehari-hari sebagai pejabat ASN di lingkungan Pemerintah Kota Malang ini juga menyempatkan diri mewawancarai pedagang yang ada. “Alhamdulillah kami senang dan merasa semakin aman dan nyaman” jawab salah satu pedagang yang ada ketika diwawancarai oleh Kak Heri. “Selamat Hari Pramuka dan terima kasih Pramuka” tambah pedagang tersebut.

Total dilihat 338 total views, Dilihat hari ini 1 views today

Tinggalkan Balasan