Dampak Pandemi Covid-19 yang salah satunya adalah ditiadakannya pembelajaran tatap muka (PTM) di seluruh satuan pendidikan di Indonesia, juga berimbas pada pendidikan Gerakan Pramuka. Ditiadakannya PTM juga menyebabkan pendidikan dan latihan bagi peserta didik secara tatap muka kecil kemungkinan untuk dilaksanakan, khususnya di sekolah-sekolah. Menyikapi hal tersebut, pembina pramuka dituntut untuk menyesuaikan pelaksanaan pendidikan kepramukaan yang biasanya dilaksanakan secara berkelompok, tatap muka, baik di luar maupun di dalam ruangan menuju ke pembinaan secara daring atau online.

Untuk meningkatkan kemampuan para pembina Pramuka di lingkungan Kwarcab Kota Malang dalam melaksanakan pendidikan kepramukaan secara daring tersebut, maka Kwartir Cabang Gerakan Pramuka mengadakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Membina Pramuka melalui Aplikasi Whatsapp yang diselenggarakan pada Sabtu, 6 Februari 2021 di Aula Pringgondani Kwarcab Kota Malang.

Acara dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi zoom maupun luring dengan hadirnya peserta secara langsung di Aula yang terletak di sebelah Pasar Bunga Splendid ini. Hadir untuk membuka secara langsung kegiatan, Ketua Kwarcab Kota Malang, Kak Drs. Heri Sunarko, M.Si.

Tampilan zoom saat Ka Kwarcab membuka Bimtek Aplikasi Whatsapp untuk Membina
Tampilan zoom saat Ka Kwarcab membuka Bimtek Aplikasi Whatsapp untuk Membina

Dalam sambutannya, Kak Heri menyampaikan kegiatan ini sebagai bentuk upaya terobosan dalam  pandemi covid-19, khususnya dengan harapan  para pembina Gudep tetap bisa berkegiatan selama masa pandemi. Terima kasih kepada para pembina Gudep yang telah menyambut dengan antusias kegiatan ini. Terima kasih pula kepada segenap kakak-kakak andalan yang terlibat sebagai panitia serta para narasumber dari Korps Pelatih yang telah membantu “menterjemahkan” harapan kita semua untuk terus bergerak dan melesat mencari hal hal baru dan inovatif dimasa pandemi ini. Semoga kegiatan ini dapat menambah perbendaharaan keilmuan kakak semua, ujarnya. Kwarcab Kota Malang sepenuhnya mendukung segala bentuk inovasi dan kreatifitas yang dikembangkan oleh setiap anggota Pramuka Kwarcab Kota Malang, khususnya Pengurus dan Andalan Cabang serta Korps Pelatih Witaraga, dengan tujuan akhir untuk Kemajuan Gerakan Pramuka Kwarcab Kota Malang yang kita banggakan, ujar beliau di akhir sambutannya.

Bertindak sebagai narasumber pada kegiatan bimtek ini adalah beberapa andalan cabang yang juga anggota korps pelatih Pusdiklatcab Kota Malang, sedangkan peserta yang ada merupakan para pembina Pramuka dari masing-masing ranting baik yang membina di SD, SMP, SMA/SMK hingga Perguruan Tinggi. Kak Nurmawati, salah satu narasumber pemberi materi, saat diwawancarai menyampaikan bahwa whatsapp adalah aplikasi yang dimiliki oleh hampir setiap anggota Pramuka, oleh karenanya mengapa tidak, kita manfaatkan aplikasi ini untuk melakukan pembinaan. Bagaimana caranya, ya melalui bimtek ini akan kami sampaikan kepada Kakak-kakak Pembina, tambahnya.

Disamping whatsapp, pada kesempatan ini juga diberikan materi tambahan berupa pembuatan rencana membina serta pemanfaatan aplikasi X-Recorder. Tampak para peserta sangat antusias mengikuti kegiatan bimtek ini dari awal hingga akhir kegiatan.

Para peserta bimtek membina lewat whatsapp antusias mendengarkan materi
Para peserta bimtek membina lewat whatsapp antusias mendengarkan materi

Total dilihat 413 total views, Dilihat hari ini 1 views today

Tinggalkan Balasan